02 DEC 2023 KECANTIKAN & PERAWATAN 2 MENIT DIBACA 291 DILIHAT

4 Bahaya Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang sumber vitamin D, namun terpapar terlalu lama tanpa
perlindungan bisa membahayakan tubuh dan kulit. Ini dia 5 bahayanya.

  1. Kerusakan kulit
    Kerusakan akibat sinar matahari dapat terlihat seperti munculnya bintik-bintik, bercak, bahkan kerutan dan tanda penuaan dini lainnya. Perubahan pada sel kulit yang disebabkan oleh paparan yang terlalu lama dapat menyebabkan kanker kulit.

  2. Heat stroke
    Heat stroke atau serangan panas ditandai dengan pusing, sakit kepala, kram panas, pingsan, atau kelelahan. Seiring perkembangannya, serangan ini dapat merusak otak dan organ dalam lainnya, terkadang berakibat fatal.

  3. Dehidrasi
    Dehidrasi terjadi ketika lebih banyak air yang keluar dari sel dan tubuh kita dibandingkan jumlah yang kita konsumsi melalui minuman. Tingkat cairan tubuh menjadi tidak seimbang, dan dehidrasi parah dapat menyebabkan kematian.

  4. Hives
    Hives atau penyakit ruam kulit/biduran akibat paparan sinar matahari terlihat seperti bekas merah yang besar dan gatal ini dapat muncul dalam waktu 5 menit setelah terpapar sinar matahari dan biasanya hilang dalam waktu satu atau dua jam setelah meninggalkan sinar matahari.


Cara menghindari bahaya paparan sinar matahari

Sebelum semua itu terjadi, segera lindungi kulitmu dengan cara:

  1. Aplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas. Pilih tabir surya dengan perlindungan luas dan SPF minimal 30, seperti Artistry Radiance UV Protect SPF50+ PA++++. Selain berspektrum luas, kandungan SPF Artistry Radiance UV Protect SPF50+ PA++++ -nya telah teruji secara klinis, membantu mencegah noda hitam di wajah dan melindungi kulit wajah dari penuaan dini akibat dari paparan sinar UV.

  2. Lakukan eksfoliasi secara rutin untuk menghilangkan penumpukan sel kulit mati.

  3. Gunakan produk yang mengandung kombinasi vitamin c dan hyaluronic acid seperti Artistry Vitamin C + HA3 Daily Serum. Asam hialuronat membantu menjaga kelembapan kulit, sementara vitamin C bekerja melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari dan dapat membantu memudarkan perubahan warna kulit.